Sabtu, 10 November 2012

ketika jawa ketemu batak



saya adalah salah satu hasil perpaduan 2 suku.. mama saya orang jawa dan papa saya orang batak..
sebagai anak ’blasteran’ seperti itu, banyak banget penyesuaian yang harus saya lakukan dan banyak sekali judgement yang saya dapatkan..

DARI KOMUNITAS JAWA: saya dianggap orang yang ngomongnya ceplas ceplos, keras kepala, kalo gak suka, langsung ngmg gak suka.. yang kadang2 kurang memperhatikan perasaan subjek yang saya ajak bicara yang menurut orang jawa sangat tidak men-jawa-i yang umumnya memaklumi dan menyimpan segala sakit hati  kepada orang lain dan lemah lembut dalam berbahasa..
DARI KOMUNITAS BATAK: saya dianggap orang yang lembek, kebanyakan sungkan, kalo ngomong kalem, pelan dan telalu lembut.. bahasa gaulnya klemar klemer.. g segahar orang batak kalo ngomong dan berperilaku.. saya dianggap kurang tegas dalam menyampaikan sesuatu..

Hasilnya.... saya bingung sendiri, d satu sisi saya dianggap terlalu gahar tapi d sisi lain saya dianggap terlalu kalem... sebenarnya orang2 kali ya yang tidak mampu menerima saya apa adanya #cieh
Namanya juga perpaduan, pasti nempel lah sifat2, baik dari kanan maupun kiri (akulturasi).. yang justru menurut saya menjadikan saya spesial dan adaptable..(aiih narsis).. kenapa begitu? Ya saya rasa saya lebih bisa memaklumi kekasaran dan keceplas ceplosan orang batak dibandingkan orang jawa lainnya karena sudah terbiasa berkumpul dengan situasi tersebut, orang jawa lain pasti sudah tersinggung apabila berkomunikasi dengan orang batak karena kesannya triak2 dan marah2 melulu, bikin orang tersinggung dengan omongan yang 'ngena' dan bikin panas kuping padahal ya emang begitu cara komunikasinya dan saya juga lebih mampu berperilaku halus (walau gak halus2 banget juga) dan menghargai perasaan orang dibandingkan orang batak yang lain karena saya juga terbiasa berhadapan dengan orang2 jawa yang umumnya susah mengkomunikasikan perasaan dan halus perilakunya... mungkin tidak bisa 100 % sempurna, namanya juga adaptasi... tapi hebat kan saya???

Heheheehehe... sampah yang penting sekali

Peace ^^

1 komentar: